Minggu, 26 Agustus 2018

Doa Niat Haji dan Niat Umrah Lengkap

Ibadah haji dan ibadah umrah merupakan ibadah untuk pergi ke Baitullah di Makkah. Hukum haji adalah fardhu 'ain yakni wajib sekali seumur hidup bagi setiap muslim yang mampu melaksanakannya secara finansial dan fisikal. Adapun ibadah umrah disebut juga dengan haji kecil. Umroh merupakan ibadah yang tak terpisahkan dengan ibadah haji. Ibadah umrah dapat juga dilakukan sendiri baik di luar musim haji atau di dalam musim haji.

Dalam Al-Qur'an Surat Ali Imron ayat 97 dijelaskan; "Mengerjakan Haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah".. Sedangkan kewajiban haji dalam hadits shahih riwayat Bukhari dan Muslim dijelaskan "Islam dibangun atas lima hal: Dua kalimat syahadat, mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadan, haji ke Baitullah bagi yang mampu". Adapun untuk bacaan niat haji dan niat umrah adalah sebagai berikut :

Ilustrasi: Haji dan Umroh
Niat Haji Lengkap Terjemahannya
لَبَّيْكَ اللهُمَّ حَجًّا

LABBAIK ALLAAHUMMA HAJJAN
Artinya :
Ya Allah, kupenuhi panggilan-Mu untuk berhaji.

Niat Umroh Lengkap Terjemahannya
نَوَيْتُ الْعُمْرَةَ وَاَحْرَمْتُ بِهَا ِللهِ تَعَالَى 

NAWAITUL 'UMROTA WA AHROMTU BIHAA LILLAAHI TA'AALA
Artinya :
Saya niat umrah dan ihram umrah karena Allah Ta’ala.
Itulah bacaan niat haji dan niat umroh lengkap arab latin dan artinya yang dapat kami share. Perlu diketahui, terdapat 3 jenis ibadah haji antara lain :
  1. Haji Tamattu'
    Haji Tamattuk adalah mendahulukan umrah dari ibadah haji. Yaitu memakai ihram dari miqat dengan niat umrah pada musim haji, setelah tahallul, memakai ihram lagi dengan niat haji pada hari Tarawiah (8 Zulhijah). Bagi yang melaksanakan haji Tamattu' diwajibkan membayar dam.

    Untuk niat haji tamattu' adalah sebagai berikut : 
    لبيك عمرة متمتعا بها إلى الحج
  2. Haji Qiran
    Haji Qiran adalah haji dan umrah dilakukan secara bersamaan. Yaitu memakai ihr`m dengan niat umrah dan haji sekaligus. Dengan demikian segala amalan umrah sudah tercakup dalam amalan haji.

    Cara pelaksanaannya adalah:
    ihram dari miqad dengan niat untuk haji dan umrah sekaligus
    melakukan seluruh amalan haji
    Bagi yang melaksanakan haji Qiran diwajibkan membayar dam.

    Adapun niat haji Qiran adalah sebagai berikut : 
    لبيك عمرة في حجة

    atau
    لبيك عمرة وحجا
  3. Haji Ifrad
    Haji Ifrad adalah proses melakukan ibadah haji yang terpisah antara ibadah haji dan ibadah umrah. Dalam ritual ibadah haji Ifrad, yaitu melaksanakan ibadah haji terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan ibadah umrah. Dalam pelaksanaannya waktu memakai ihram dari miqad dengan niat haji saja, kemudian tetap dalam keadaan ihram sampai selesai haji (hari raya kurban). Setelah selesai melaksanakan ibadah haji baru dilanjutkan dengan melaksanakan ibadah umrah. Yang melaksanakan haji ifrad tidak diharuskan membayar dam.

    Untuk bacaan niat haji ifrad adalah sebagai berikut : 
    لبيك حجا

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan tentang Niat haji dan Umroh pada pertemuan kali ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Macam-macam Mesin Pencari (Search Engine)

1.   Google ( http://www.google.com ) Google merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet, ...